Komponen Kopling Mobil


Komponen Kopling Mobil
Setelah mengenal macam – macam kopling mobil, maka saya akan menjelaskan komponen – komponen utama dari kopling mobil. Dengan mengenal komponen – komponen ini, maka anda akan lebih mudah untuk mempelajari cara kerja dari kopling mobil. Untuk komponen – komponen dari kopling mobil adalah :

1. clutch cover
Atau dikenal juga dengan istilah rumah kopling. Rumah kopling adalah bagian kopling yang dipasangkan ke flywheel ( roda gila ) dengan cara dibaut. Didalam rumah kopling terdapat bagian lainnya yaitu pelat tekan dan pegas kopling. Pegas kopling inilah yang pernah saya jelaskan dalam macam – macam kopling mobil. Pelat tekan adalah komponen yang menekan kampas kopling , agar menempel ke flywheel. Jadi pelat tekan bersama – sama flywheel menjepit kampas kopling. Sedangkan untuk gaya penekanan ini didapat dari tenaga pegas kopling .

2. kampas kopling
Kampas kopling adalah komponen yang menerima putaran dari flywheel, untuk diteruskan ke input shaft dari transmisi. Kampas kopling dibuat dari bahan khusus agar tahan terhadap kejutan atau gesekan.

3. release fork
Nama lainnya adalah garpu pembebas. Komponen ini terpasang pada rumah dari transmisi. Ia bekerja berdasarkan tarikan dari kabel kopling. Jadi ketika kabel kopling tertarik, maka release fork akan mendorong release bearing untuk melakukan pemutusan putaran dari mesin.

4. Release bearing
Seperti telah dijelaskan di atas, maka release bearing menerima tekanan dari release fork untuk melakukan pemutusan putaran dari mesin. Letak dari release bearing berada di antara pegas kopling dan release fork. Release bearing adalah klaher atau bearing yang akan ditekan saat bekerja. Maka itu jenis klaher dari release bearing harus tahan terhadap tekanan. Selain tahan terhadap tekanan, klaher ini harus mampu tetap berputar dengan lembut saat ditekan.

5. Kabel Kopling
Sama seperti kabel kopling umumnya, konstruksi terbuat dari seling dan diselubung dengan selonsong besi. Kabel kopling menerima tarikan dari pedal kopling untuk mengoperasikan release fork. Untuk itu kabel kopling harus kuat dari tegangan tarik. Selain kuat kabel kopling  harus dapat bergerak dengan lancar dan bebas di dalam  selongsongnya.

6. Pedal kopling
Pedal kopling yang dioperasikan oleh kaki pengemudi. Pedal kopling ini berada di dalam kabin, yaitu di dekat  setir mobil. Pedal kopling inilah yang menerima penekanan langsung dari kaki pengemudi, bila ia melakukan perpindahan gigi atau melakukan pengereman.  Letaknya berada di bagian paling kiri , dari antara 3 pedal yang ada di dekat kursi pengemudi ( di bawah setir ).

Demikianlah komponen utama kopling yang digunakan pada mobil. Kopling yang dibahas adalah kopling manual. Semoga penjelasan saya ini dapat anda mengerti dan pahami. Terima kasih untuk kunjungan setianya ke blog ini.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori mobil dengan judul Komponen Kopling Mobil . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://campuran-otomotif.blogspot.com/2013/07/komponen-kopling-mobil.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: usahakita -

Belum ada komentar untuk "Komponen Kopling Mobil "

Poskan Komentar

saya

Related Post

http://www.cepatnya.com/member/activeuser/62754 #sthash.HzqLjpAR.dpuf
http://www.wartawan.co/member/activeuser/137948 #sthash.ZmPLkiBj.dpuf